Rabu, 06 September 2017

Asyik! Peneliti Temukan Cara Ice Cream Agar Tidak Cepat Meleleh


OSAKA - Sebuah tim ilmuwan Jepang telah mengembangkan sebuah cara untuk membuat es krim tidak meleleh. Penemuan tersebut merupakan ketidaksengajaan yang dilakukan oleh seorang koki. Sebagian besar es krim yang dijual akan mulai mencair tidak berapa lama setelah diambil dari mesin pendingin. Karena hal itu, penikmat es krim harus menghabiskan pencuci mulut manis tersebut dengan cepat.
Dilansir Phys, Selasa (8/8/2017), dilaporkan karena ketidaksengajaan koki di Jepang yang menggunakan stroberi yang tumbuh di area gempa Bumi dan tsunami pada 2011. Ketika stroberi muncul, tidak ada yang menginginkannya karena bentuknya tidak seperti stroberi pada umumnya.
Koki tersebut mencoba menggunakan buah tersebut dengan cara lain, pada satu titik koki tersebut mendapatkan keluhan bahwa buah tersebut menyebabkan krim mengeras. Setelah mendengarkan keluhan tersebut, sebuah tim dari Universitas Kanazama meneliti lebih dekat dan menemukan bahwa stroberi tersebut memiliki senyawa yang disebut pilifenol yang dapat membuat krim mengeras.
Tim peneliti tersebut membuat ekstrak buah stroberi dan melakukan percobaan dengan mencampurkan ekstrak tersebut dengan es krim. Hasilnya, proses pelelehan es krim tersebut melambat dari biasanya.
Karena ekstrak yang dihasilkan benar-benar alami, inspektur kesehatan Jepang tidak perlu melakukan pengujian terhadap ekstrak tersebut. Sebagai gantinya, ekstrak tersebut tersedia untuk pemilik toko lokal yang sedang dan akan menjual es krim dalam bentuk apapun.
Media lokal yang mengangkat berita tersebut dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Beberapa pelanggan melakukan percobaan dengan memegang es krim tersebut selama beberapa menit di bawah sinar Matahari langsung untuk melihat apakah es krim tersebut akan meleleh.
Sedangkan pelanggan lainnya melakukan percobaan dengan menggunakan pemanas buatan lainnya, seperti pengering rambut dan pemanas ruangan. Sebagai catatan, es krim yang sudah dicampurkan dengan ekstrak stroberi tersebut akan bertahan dengan bentuk aslinya selama beberapa jam dalam cuaca hangat.
Karena ekstrak stroberi tersebut masih baru, tidak ada kejelasan apakah akan diekspor ke negara lainnya. Saat ini ekstrak stroberi tersebut hanya di jual di Jepang.(Okezone.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Es Puter Pancasona Template by Ipietoon Cute Blog Design