Jumat, 25 Agustus 2017

Rahasia Membuat Es Puter Lezat dan Alami

Es puter merupakan salah satu es krim legendaris yang paling popular di Indonesia. Es krim yang satu ini juga biasa disebut es dung-dung karena biasanya penjual yang menjajakannya membunyikan suara dung-dung dengan gong. Es krim yang berbahan dasar santan kelapa ini biasanya disajikan dalam berbagai macam warna oleh penjualnya sehingga mempercantik tampilan es krim yang lezat ini. Namun sayangnya seiring berkembangnya zaman, banyak pedagang es puter “nakal” yang menjajakan jualannya. Mereka menambahkan pewarna sintetis kedalam bahan pembuat es puter sehingga sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Tapi tenang, buat anda penggemar es puter kami bakal berikan tips bagaimana rahasia membuat es puter yang lezat dan alami.

Bahan-bahan Membuat Es Puter :

  • 1 liter santan kental
  • ½ sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan (potong-potong)
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena (larutkan dengan 3 sdm air)
  • 200 gram kelapa muda/kopyor (cincang halus)

Pelengkap :
  • Potongan roti tawar
  • Tape Ketan
  • Potongan Alpokat

Cara Membuat Es Puter Lezat dan Alami

  1. Masak santan bersama dengan garam, daun pandan dan gula pasir hingga matang. Jangan lupa sesekali aduk santan supaya santan tidak pecah.
  2. Campurkan maizena yang telah dicampur air tadi kedalam santan. Aduk hingga merata, setelah itu angkat dan dinginkan.
  3. Buang daun pandan yang terdapat pada santan, lalu tambahkan kelapa muda atau kopyor kedalam santan yang telah dimasak tadi. Aduk hingga merata.
  4. Masukan bahan es puter tersebut ke dalam container di freezer. Diamkan hingga santan membeku, kurang lebih 5 jam.
  5. Setelah itu ambil dan haluskan dengan mixer atau keruk dengan centong sampai hancur.
  6. Simpan lagi es kedalam freezer sampai beku.
  7. Ulangi langkah no. 5 dan 6 beberapa kali hingga es puter menjadi butiran halus.
  8. Jika sudah halus, Es puter siap disajikan dan jangan lupa tambahkan pelengkap untuk menambah sensasi rasa es puter buatan Anda
  9. Jika anda memiliki alat ice-cream maker maka anda tidak perlu melakukan langkah no 4 sampai no 7. Setelah melakukan langkah no. 3 tinggal masukan bahan es puter ke dalam ice-cream maker, lalu proses sesuai petunjuknya. Setelah itu bisa langsung disajikan. 

Bagaimana mudah bukan? Anda tertarik untuk mencobanya dirumah? Itu tadi sedikit resep dan tips dari kami tentang bagaimana cara membuat es puter yang lezat dan alami. Semoga tips diatas dapat bermanfaat buat anda dirumah. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan serta di sukai buah hati Anda. ( Es Puter Semarang )

0 komentar:

Posting Komentar

 

Es Puter Pancasona Template by Ipietoon Cute Blog Design