Selasa, 29 Agustus 2017

9 Manfaat dan Resep Nutrisi Santan

9 Manfaat dan Resep Nutrisi Santan

Dengan tekstur lembut dan sedikit rasa manis alami, santan bisa terasa seperti sesuatu yang seharusnya tidak baik untuk Anda, namun itu tetap saja. Susu kelapa sering dianggap sebagai "cairan ajaib" karena nutrisi santan kelapa menawarkan kemampuan hebat untuk membangun pertahanan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Susu kelapa, bersama dengan kerabatnya minyak kelapa dan air kelapa merupakan salah satu makanan sehat dunia.

Apa sebenarnya santan, dan bagaimana cara membuatnya? Susu kelapa sebenarnya bukan " susu " sama sekali (dalam arti bahwa Anda biasanya memikirkannya) - Ini adalah cairan yang secara alami ditemukan di dalam kelapa matang, disimpan dalam "daging" kelapa. Saat Anda membuka kelapa segar, susu Bahan putih yang bocor adalah air kelapa alami, tapi bila Anda mencampur daging kelapa dan kemudian menyaringnya, hasilnya akan menghasilkan "susu" kelapa yang lebih tebal.

Panduan GRATIS: Cara terbaik menggunakan santan untuk kesehatan Anda

Bagaimana keduanya berbeda? Sebagai kelapa tua, lebih banyak air di dalamnya digantikan dengan daging kelapa, sehingga kelapa yang matang cenderung menjadi sumber santan yang lebih baik, sementara kelapa muda (sekitar lima-tujuh bulan) merupakan produsen air kelapa terbaik. Air kelapa lebih tinggi pada gula dan elektrolit tertentu, sedangkan santan lebih tinggi pada asam lemak jenuh sehat (dari minyak kelapa) dan kalori.

Fakta Nutrisi Susu Kelapa 

Susu kelapa?Santan.
Selain memberi nutrisi dan rasanya yang mengagumkan, santan mengandung lemak bermanfaat yang disebut asam laurat, asam lemak rantai menengah yang mudah diserap dan digunakan oleh tubuh untuk energi. Kelapa 'asam lemak terutama lemak jenuh, tapi jangan berpikir ini akan meningkatkan kadar kolesterol Anda dan menyebabkan kerusakan jantung. Sebaliknya, mereka diketahui benar-benar melakukan hal yang sebaliknya - santan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, memperbaiki tekanan darah , dan mencegah serangan jantung atau stroke.

Karena daging kenyal, dan berlemak tinggi kalori, lebih baik memiliki porsi lebih kecil daripada susu biasa atau air kelapa . Sekitar 1 / 4-1 / 2 gelas sekaligus paling baik, baik sebagai bagian dari resep (misalnya sebagai "krim kocok kelapa") atau dikombinasikan sendiri dengan rasa lainnya (seperti dalam smoothie).

Susu Yang penuh lemak mengandung semua asam lemak alami, sedangkan susu kelapa "ringan" disaring untuk menghilangkan beberapa lemak, yang menciptakan susu rendah kalori yang lebih rendah. Karena santan benar-benar bebas dari susu , laktosa, kedelai , kacang-kacangan atau biji-bijian, ini adalah pilihan tepat bagi siapa saja yang alergi terhadap susu dan kacang-kacangan, dan juga vegan dan baik untuk pemakan nabati.

 

Nutrisi Susu Kelapa
 

Seperempat cangkir santan (susu full-fat / not skim atau light milk) memiliki sekitar: ( 1 )

138 kalori
1,5 gram protein
2 gram gula pasir
14 gram lemak
.55 miligram mangan (27 persen DV)
0,15 miligram tembaga (8 persen DV)
60 miligram  fosfor (6 persen DV)
22 miligram magnesium (5,5 persen DV)
3,9 miligram besi (5,5 persen DV)
157 miligram potassium (4,5 persen DV)
Manfaat Kesehatan Susu Kelapa

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung dengan Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol
Kelapa adalah salah satu sumber asam laurat terbaik - 50 persen lemak pada kelapa adalah asam laurat, yang memiliki  aktivitas antibakteri dan antivirus. Menurut banyak penelitian, asam laurat adalah jenis asam lemak pelindung yang terkait dengan peningkatan kadar kolesterol dan kesehatan jantung .

Misalnya, ketika 60 sukarelawan sehat diberi bubur santan (CMP) selama lima hari dalam seminggu selama delapan minggu, para peneliti menemukan bahwa tingkat lipoprotein densitas rendah (LDL) mereka menurun sementara tingkat lipoprotein densitas tinggi (high density lipoprotein / HDL) mereka meningkat secara signifikan. . Mereka menyimpulkan bahwa "lemak kelapa dalam bentuk santan tidak menimbulkan efek merugikan pada profil lipid pada populasi umum, dan ternyata bermanfaat karena penurunan LDL dan kenaikan kolesterol HDL." ( 2 )

Karena kelapa mengandung mineral penting untuk sirkulasi dan pengendalian aliran darah, santan juga berguna untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga pembuluh darah tetap lentur, elastis dan bebas dari penumpukan plak. Misalnya,  magnesium  dapat membantu mengatasi stres dan ketegangan otot sambil membantu sirkulasi dan menjaga otot tetap rileks, penting untuk mencegah serangan jantung.

2. Membangun Otot dan Membantu Menurunkan Lemak 
Studi menemukan bahwa asam lemak trigliserida rantai menengah (MCT) yang ditemukan dalam santan meningkatkan pengeluaran energi dan membantu meningkatkan kinerja fisik. Setelah berolahraga, otot juga membutuhkan banyak nutrisi - termasuk elektrolit seperti magnesium dan potassium yang ditemukan dalam santan - untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan tumbuh kembali bahkan lebih kuat.

Karena santan mengandung lemak sehat yang tinggi, ini juga membantu mengisi dan mencegah makan berlebihan atau ngemil sepanjang hari, yang menggagalkan usaha Anda untuk memperbaiki komposisi tubuh Anda.

3. Menyediakan Elektrolit dan Mencegah Kelelahan
Meski air kelapa merupakan sumber elektrolit yang lebih tinggi, santan juga menyediakan mineral penting yang dibutuhkan untuk menjaga volume darah, mengatur kesehatan jantung, dan mencegah dehidrasi atau diare . Terutama pada cuaca yang sangat panas, setelah berolahraga atau setelah sakit, elektrolit membantu mencegah kelelahan, sengatan panas, masalah jantung, nyeri otot atau kram, dan imunitas rendah.

Susu kelapa juga mengandung jenis MCT yang mudah digunakan oleh otak Anda untuk mendapatkan energi, bahkan tanpa perlu diolah melalui saluran pencernaan Anda dengan asam empedu seperti beberapa lemak lainnya. Kalori susu kelapa menyediakan sumber kalori sehat dan cepat untuk otak , yang sebenarnya terdiri dari lemak dan bergantung pada aliran yang stabil untuk berfungsi.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh School of Dietetics and Human Nutrition di McGill University,

Konsumsi makanan yang kaya akan MCT menghasilkan lebih banyak kehilangan lemak (jaringan adiposa) dibandingkan dengan asam lemak rantai panjang, mungkin karena pengeluaran energi meningkat dan oksidasi lemak diamati dengan asupan MCT. MCT dapat dianggap sebagai agen yang membantu dalam pencegahan obesitas atau berpotensi menstimulasi penurunan berat badan. ( 3 )

Sebagai makanan tinggi MCT, santan adalah makanan yang sangat mengisi dan membakar lemak . Lemak memberi rasa kenyang dan puas dan bisa membantu mencegah makan berlebihan, ngemil, mengidam makanan dan berpotensi menambah berat badan.

Tentu saja, porsi kontrol penting mengingat jumlah kalori santan, namun sebagai bagian dari diet sehat, asam lemak yang diperlukan di samping mineral lain yang mendukung penurunan berat badan dan detoksifikasi. Susu kelapa/Santan juga menghidrasi dan membantu organ pencernaan, seperti hati dan ginjal, berfungsi dengan baik, yang membantu metabolisme lemak dan membuang kotoran dari tubuh.

5. Memperbaiki Pencernaan dan Meredakan Sembelit
Saluran pencernaan yang terhidrasi dengan baik penting untuk mencegah atau mengobati sembelit . ( 4 ) Susu kelapa memberi nutrisi pada lapisan pencernaan karena elektrolit dan lemak sehatnya, meningkatkan kesehatan usus dan mencegah kondisi seperti IBS .

Manfaat susu kelapa
6. Mengatur Gula Darah dan Kontrol Diabetes
Kandungan lemak santan dapat membantu memperlambat laju gula dilepaskan ke aliran darah, mengendalikan kadar insulin dengan lebih baik dan mencegah kadar gula tinggi atau kondisi  diabetes yang buruk . Inilah salah satu alasan mengapa santan sangat baik untuk ditambahkan ke resep manis, seperti makanan pencuci mulut. MCT susu kelapa juga merupakan sumber energi yang disukai untuk tubuh daripada gula.

7. Membantu Mencegah Anemia
Meski kandungan besi santan tidak terlalu tinggi, namun tetap memberikan sumber zat besi nabati yang baik sehingga bisa memberi kontribusi pada diet yang cukup untuk mencegah anemia .

8. Mencegah Joint Inflammation dan Arthritis
MCT pada susu kelapa/santan dapat membantu menurunkan peradangan , yang dikaitkan dengan kondisi yang menyakitkan seperti artritis dan nyeri sendi sendi atau otot dan nyeri . Susu kelapa menggantikan gula halus terutama sangat membantu penderita arthritis (atau kondisi autoimun lainnya) karena gula merupakan pro-inflamasi dan terkait dengan imunitas rendah, memburuknya rasa sakit dan pembengkakan.

9. Mencegah Ulkus
Manfaat lain dari nutrisi santan yang mungkin mengejutkan Anda? Periset menemukan bahwa santan dapat membantu mengurangi terjadinya borok bahkan lebih baik dari pada air kelapa. Saat tikus dengan borok diberi santan, mereka mengalami pengurangan ukuran borok sekitar 56 persen. Studi tersebut menemukan bahwa santan memiliki efek perlindungan pada lendir lambung ulserasi yang dapat menyebabkan borok yang menyakitkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Es Puter Pancasona Template by Ipietoon Cute Blog Design