Kamis, 31 Agustus 2017

Dung Dung! Es Puter dengan Gurih Santan Asli Indonesia

Gelato atau frozen yogurt memang sedang digemari. Namun, es krim tradisional juga tak kalah lezat dibanding es krim dari Italia maupun Amerika. Apalagi kalau bukan es puter!

Es puter adalah es krim asli Indonesia yang sekilas tak berbeda dengan es krim biasa. Namun, setelah dicicipi, es puter memiliki rasa gurih khas karena berbahan santan, bukan susu. Pemanisnya bisa berupa gula pasir maupun gula merah.


Karakteristik Indonesia semakin terlihat dari ragam rasa es puter. Jika umumnya es krim memiliki rasa vanila, stroberi, dan cokelat, es puter umumnya tersedia dalam varian kacang hijau, nangka, durian, kopyor, alpukat, tapai ketan hijau, dan ketan hitam.

Asal nama es puter belum diketahui. Mungkin karena dalam pembuatannya es krim ini ditaruh dalam tabung. Kelilingnya diberi bongkahan es batu dan ditaburi garam kasar lalu diputar-putar di dalam tabung kayu. Bisa juga karena si penjual menjajakan es krim berkeliling, baik dengan sepeda maupun gerobak. Biasanya si pedagang membunyikan semacam gong kecil saat berjualan. Makanya, es puter juga disebut es dung-dung atau es tong-tong.

Es puter klasik biasanya diletakkan di tengah setangkup roti tawar, sehingga esnya yang meleleh terserap ke roti. Selain itu bisa juga disajikan dalam cone atau mangkuk plastik.

Bahan-bahan pembuat es puter terdiri dari santan, gula, tepung maizena, sedikit garam, dan bahan perasa (misalnya pandan, nangka, kacang hijau, dll). Santan, gula, dan garam dimasak hingga mendidih, lalu dituangi larutan maizena. Setelah diaduk, bahan perasa ditambahkan dan dimasak lagi hingga mendidih. Adonan lalu dibiarkan hingga dingin.

Adonan es krim bisa diproses dengan tiga cara. Cara pertama menggunakan mesin es puter. Adonan dimasukkan di tabung kecil, lalu tabung tersebut dimasukkan lagi ke tabung besar. Di antara kedua tabung diletakkan es batu dan garam. Kemudian, tabung kecil ditutup dan diputar perlahan. Adonan diaduk-aduk setiap 10-15 menit.

Cara lain adalah dengan membekukan adonan di freezer. Setelah beku, adonan es krim dikeluarkan, dikocok dengan mikser atau dikeruk dengan sendok, lalu dibekukan lagi. Lakukan sebanyak 3-4 kali hingga es krim lembut. Lebih praktis lagi jika menggunakan ice cream maker.

Es puter memang lezat disantap begitu saja. Namun, agar lebih meriah, Anda bisa menambahkan berbagai topping. Contohnya adalah daging kelapa muda, buah durian, atau saus kinca. Detikfood juga pernah menampilkan resep Tropical Sundae berbahan es puter. Yuk coba! (detik.com )

0 komentar:

Posting Komentar

 

Es Puter Pancasona Template by Ipietoon Cute Blog Design