Sabtu, 16 September 2017

Cara Membuat Es Puter Santan Saus Tape Singkong

Resep Es Puter Saus Tape Santan Sederhana Spesial Asli Enak. Bulan puasa ramadhan memang paling enak meminum minuman segar salah satunya es puter tradisional bersaus kental ini. Membuat minuman es ini sangat mudah dan sederhana apalagi kalau memang sering ke dapur orang lain. Es puter termasuk banyak aneka kreasi dan variasinya ada bermacam-macam jenis olahan, misalnya ada es puter santan, es puter durian, es puter alpukat, es puter nangka, es puter kacang merah, es puter kacang hijau, es puter coklat, es puter susu, es puter keju, es puter kelapa muda degan, es puter jagung, dll untuk buah-buahan lain dan bahan lain atau varian lain silahkan berkreasi sendiri. Masing-masing kota memiliki ciri khas tersendiri, misalnya es puter Bandung khas Sunda, es puter Jakarta khas Betawi, es puter ancol Bandung


Es puter atau es dung dung (juga ditulis es dong dong, es tung tung, dan es tong tong) adalah salah satu hidangan pencuci mulut dari Indonesia serupa es krim berbahan dasar santan sebagai pengganti susu. Es puter bertekstur kasar dan dibekukan secara tradisional dengan sebuah alat berbentuk tabung yang diputar-diputar di dalam es batu dan garam.

Hidangan ini disebut es puter karena dalam pembuatannya, adonan diputar-putar dalam alat pembuat es hingga mengkristal. Sementara itu, nama es dung dung diambil dari onomatope suara yang keluar dari gong mini gantung yang biasanya dipukul-pukul oleh penjual saat menjajakan esnya.

Cara penyajian es tradisional ini sangat sederhana yaitu dengan cone yang berbentuk kerucut atau dengan diapit dua sisi roti tawar, atau dinikmati dalam gelas kaca. Es tung-tung pun bisa diberi tambahan, seperti potongan kacang, ketan hitam, potongan buah nangka, ataupun sagu mutiara.

Sejarah asal usul mula es puter. Pada awalnya es ini diciptakan atas dorongan masyarakat yang ingin mencicipi es krim, namun tak bisa menjangkau harganya. Susu yang mahal saat itu diganti dengan santan. Penggantian bahan utama inilah sebenarnya yang membuat rasa dari es ini menjadi lebih gurih. Namun, tampilannya dibuat sama persis seperti es krim.

Sejarah awal es tung tung berawal dari keterbatasan orang Indonesia untuk menikmati es krim yang pada masa itu hanya bisa dinikmati oleh kaum tertentu. Keinginan orang indonesia untuk bisa menikmati es krim melahirkan modifikasi pembuatan es krim dengan mengganti bahan utama yaitu susu dengan santan kelapa. Dengan memadukan santan kepala dengan buah-buahan lokal seperti kelapa muda, nangka, atau durian terciptalah es krim (ice cream) yang “lebih Indonesia” yang kita kenal dengan sebutan es puter.

Kepopuleran es ini karena dahulu banyak pedagang es tung tung keliling yang menawarkan dagangannya ke sekitar Jawa. Kini penjual es tung-tung dengan membawa gerobak kecil sudah jarang ditemukan. Namun di pesta-pesta rakyat seperti pernikahan atau arisan, es tung-tung terkadang masih bisa ditemukan. Bahkan baru-baru ini, pabrikan es krim sekelas Wall's pun melirik varian-varian es puter dengan rasa lokal ini.

Kita tidak perlu lagi membuat es puter sendiri ala rumahan bukan ala abang abang karena, itu kita memakai es puter siap pakai jadi tinggal menyiapkan bahannya saja. Yang perlu kita buat adalah saos tapainya dengan menggunakan tape singkong, santan, daun pandan supaya wangi, gula pasir dan garam secukupnya. Berikut rahasia kumpulan aneka resepi es puter saus tape singkong ketan item sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha bisnis es puter ala Abang-abang pakai gerobak maupun franshise sistem waralaba.

RESEP ES PUTER


BAHAN :
  • 600 gram es puter siap pakai
  • 250 gram alpukat (avokad)
  • 200 gram tape ketan hitam/tapai item

BAHAN SAUS :
  • 300 gram tape singkong/tapai singkong ubi kayu
  • 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 lembar daun pandan
  • 50 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
CARA MEMBUAT ES PUTER BERSAUS :
  1. Rebus bahan saus hingga mendidih, angkat, lalu aduk sampai agak dingin.
  2. Letakkan es puter di dalam gelas es.
  3. Tambahkan alpukat dan tape ketan hitam.
  4. Siram dengan sirup tape,
  5. Sajikan segera es puter bersaus untuk 6 porsi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Es Puter Pancasona Template by Ipietoon Cute Blog Design